PROMO JANUARI 2017

Membangun Jaringan Bisnis atau Networking dengan Mudah dalam Suatu Acara

Meskipun bisnis kita saat ini fokus full online atau hanya beraktivitas di dunia maya, kemampuan membangun jaringan bisnis atau usaha (networking) yang baik tetap harus dimiliki. Membangun jaringan offline, hubungan dengan orang lain secara langsung dengan bertatap muka.

Membangun Jaringan Bisnis atau Networking dengan Mudah dalam Suatu Acara lisubisnis.com bisnis muslim

Ketika bisnis online kita naik kelas, sudah pasti akan sering bertemu orang lain secara langsung untuk bertemu investor, melakukan presentasi bisnis, mengikuti suatu seminar kewirausahaan, bernegosiasi dan lain sebagainya.

Semua hal di atas memerlukan keahlian. Kita harus mampu membuat orang lain mengingat diri kita. Hal yang lebih penting dalam jaringan bisnis selain siapa yang kita kenal adalah siapa yang mengenal kita.

Salah satu cara terbaik untuk membangun jaringan bisnis adalah dengan mengikuti acara bisnis, seperti seminar. Kesempatan itu datang saat kamu menjadi pengisi seminar ataupun menjadi peserta seminar.

Jangan sampai setiap seminar yang kita ikuti tidak memberikan manfaat apa-apa. Setiap seminar harus memberikan keuntungan berupa jaringan usaha yang berkualitas. Jadi, persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum menghadiri suatu seminar? Berikut ulasannya.

1. Kartu nama
Orang yang baru kita kenal mungkin tidak bisa menyempatkan waktunya untuk mencari nama kita di internet. Oleh karena itu kartu nama sangat penting, meskipun saat ini kita hidup di era digital. Siapkan kamera ponsel jika kamu kerepotan untuk mengumpulkan banyak kartu nama, tinggal jepret saja.

2. Lakukan riset terlebih dahulu
Jika berminat membangun jaringan dengan pengisi seminar, cari tahu dulu siapa dia. Cari segala hal tentangnya lewat internet. Jadi saat tiba waktunya berjumpa dan berkenalan, kita bisa dengan mudah menyamakan frekuensi percakapan. Obrolan kita akan cepat nyambung sehingga tujuan membangun jaringan terwujud.

3. Perbaiki profil di media sosial
Orang cenderung ‘kepo’, orang yang baru saja berkenalan dengan kita mungkin akan langsung mencari akun media sosial kita, semisal Facebook atau Instagram. Oleh karena itu, seharusnya profil kita di dunia maya sudah profesional, jangan asal-asalan.

Sesuaikan profil dengan bisnis yang sedang kita jalani. Dengan demikian orang lain tidak perlu berpikir berkali-kali saat akan menghubungi kita. Kalau profil kita tidak jelas, orang lain akan keburu enggan menghubungi.

Sampul sebuah buku sangat berpengaruh saat seseorang ingin membeli buku. Ketika membangun jaringan, istilah jangan menilai buku dari sampulnya sangat tidak pas untuk diterapkan. Pengecualian jika kita sudah lebih dulu dikenal dengan suatu jenis penampilan.

Berpenampilan dengan baik adalah hal bijak yang harus dilakukan jika kamu belum dikenal banyak orang. Hal ini juga berarti suatu cara untuk menghormati orang lain yang akan menjadi relasi bisnis kita.

4. Ingatlah nama orang lain
Kebiasaan buruk saya, mungkin juga kamu, adalah tidak berusaha mengingat nama orang yang baru dikenal. Kecuali jika namanya unik atau penampilannya berbeda dari yang lain. Jika ketika pertama kali saling memberi tahu nama, lawan bicara tidak menyebutkannya dengan jelas, mintalah dia untuk mengulanginya.

5. Follow-up
Perjanjian kerja sama tidak akan langsung terjadi saat pertama bertemu. Follow-up atau mengontak kembali kenalan setelah acara usai adalah kunci dalam membangun jaringan bisnis. Hubungi setelah beberapa jam acara selesai, atau tunggu sehari sebelum menghubungi kembali.

Bisa kamu lakukan lewat media sosial, lebih pribadi lagi menggunakan pesan instan seperti WhatsApp atau BBM. Jangan terburu-buru untuk menelepon sebelum berlalu 24 jam agar tidak mengganggu. Jangan lupa atur waktu untuk bertemu kembali secara langsung.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membangun jaringan bisnis di sebuah seminar. Optimalkan kemampuan dalam membangun jaringan, karena nilainya jauh lebih tinggi daripada biaya untuk menghadiri acara tersebut.

4 Responses to "Membangun Jaringan Bisnis atau Networking dengan Mudah dalam Suatu Acara"

  1. makasih banget udah share gan. artikel yang bermanfaat. yang paling berat adalah memfollow up...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 gan. Follow up jadi kunci utamanya, ajak ngobrol biasa aja dulu..

      Delete
  2. sip. sangat bermanfaat. makasih udah share

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple